Cara Mendapat Uang Dari Internet Dengan 7 Model Bisnis Online

Cara Mendapat Uang Dari Internet Dan 7 Model Bisnis Online

Salam sobat blogger, ingin memulai bisnis online, tapi masih mencari-cari apa yang bisa kita jual atau kita tawarkan seacara online, berikut ini referensi cara memperoleh uang atau penghasilan dari internet dan bisnis online dalam beberapa kategori model bisnis online:

  • Menjual Produk Fisik

Jenis kategori ini merupakan hal yang paling lazim dari dahulu sampai sekarang, dimana penjual menjual produk berupa barang dan pembeli membeli produk tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika menjual produk fisik secara online adalah, apakah produk tersebut bisa dikirim dengan jasa pengiriman yang ada atau tidak, biaya yang dikeluarkan pembeli untuk ongkos pengiriman. Jika biaya pengiriman terlalu besar maka perlu dipertimbangkan lebih jauh, karena pembeli pasti akan membandingkan include harga jika dibeli secara offline dengan tenaga dan biaya transport sendiri, apakah lebih mahal atau lebih murah. Yang perlu diperhatikan lagi adalah tehnik pengepakan produk, apakah memerlukan penanganan khusus atau tidak, seperti produk mudah pecah, produk mudah meleleh terkena panas (seperti makanan dari bahan dasar coklat), rawan rusak jika ditumpuk dll.

Memilih produk unik yang jarang ditemui di pasar atau di mall perbelanjaan adalah salah satu strategi pemilihan produk yang memiki peluang yang besar di toko online. Tapi yang paling penting adalah pilih produk yang banyak dicari orang, bukan menjual produk yang sesuai dengan keinginan kita. Jadi prinsipnya kita memenuhi permintaan pasar, bukan sekedar menjaul apa yang kita miliki. Hal ini merlukan yang namanya reset pasar, untuk menentukan keyword atau kata kunci apa yang sesuai dengan produk yang akan ditawarkan, karena kuncinya kata kunci yaitu riset, mencari tahu apa kebutuhan pasar atau permintaan pasar. Bagaimana cara melakukan reset pasar, silakan baca 7 Tool SEO Gratis | Download Free Tool SEO | SEO Blogger & Wordpress yang bisa dilakukan salah satunya dengan google keyword planner dan google trends.

Jika sobat blogger belum memilki produk atau masih bingung mencari supplier silakan gabung disini:

  • Menjual Jasa / Service

Jika kita memiki suatu keahlian seperti design grafis, menulis, berbahasa asing dll, maka itu merupakan sebuah komoditi yang bisa sobat tawarkan melalui dunia online, dimana pencari jasa yang sobat tawarkan tidak hanya orang-orang disekitar sobat, kota atau negara kita, tapi layanan jasa tersebut bisa di tawarkan ke pasar global di seluruh dunia.

  • Menjual Informasi dan Knowledge

Jika kita memiliki pengetahuan, pengalaman atau keahlian tertentu yang bermanfaat dan banyak orang yang mencari atau membutuhkannya, maka kita bisa menawarkan informasi atau pengetahuan kita keseluruh dunia lewat internet. Misalnya sobat jago dalam bidang matamatika, atau programing atau pengalaman mendirikan sebuah bisnis yang sukses, kita bisa menjualnya lewat ebook, CD/DVD, video tutorial, buku atau mungkin pelatihan online.

  • Menjual Software, Tools, Themes dll

Jika sobat ahli dalam webprograming, membangun aplikasi/ tool yang banyak dipakai dalam blogging seperti theme sebuah website, atau software-software yang banyak dicari orang yang sifatnya bukanlah software yang besar seperti microsoft atau lainnya, tapi software yang terjangkau oleh calon pembeli dengan keahlian yang kita miliki. Jadi ilmu yang kita miliki bisa menghasilkan produk yang bisa kita jual ke internet. 

  • Affiliate Marketing (Per Sale atau CPA)

Dalam affiliate marketing biasanya kita dibayar berdasarkan tiap penjualan (Pay Per Sale) atau tiap action (CPA), dengan cara kerja kita mendaftar ke sebuah website yang membuka affiliate, kemudian sobat disana tugasnya mengarahkan orang/ pengunjung calon pembeli ke website tersebut, jika orang membeli barang berdasarkan referensi kita maka kita akan di beri komisi tiap penjualan atau tiap action, tergantung agreementnya termasuk besarnya komisi yang akan kita terima. Untuk lebih jelasnya silakan baca : Cara Bisnis Online CPA Indonesia dalam postingan sebelumnya.

  • Advertising / Jasa Iklan (Blog, Adsense dll)

Dalam dunia blogger mungkin kategori inilah yang paling banyak di minati oleh pemilik blog atau website. Memiliki blog dengan trafik yang tinggi adalah sebuah aset yang bisa mendatangkan dolar, terutama dari program iklan yang banyak bertebaran di internet seperti google adsense, klik saya, dll atau dengan memberi space iklan untuk advertiser /pengiklan di blog dengan biaya yang kita tentukan sendiri. Baca: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Weblog

  • Mobile App (Ios dan Android)

Jika sobat bisa membuat aplikasi berbasis Apple Ios atau Android, maka sobat bisa menjual nya kepada pengguna kedua OS tersebut yang menurut beberapa sumber  Ios dan Android sudah menguasai pasar lebih dari 85% pasar dunia. Ini terlihat dengan semakin beragamnya gadget-gadget terbaru yang menggunakan operating sistem android atau Ios.